Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Siswa Kelas X Paket Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Djahimuddin, Sarini (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Siswa Kelas X Paket Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sarini-djahimuddin-14702251071.swf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan produk media pembelajaran yang didesain untuk mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik bagi siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 1 Sedayu, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan model ADDIE. Desain pengembangan dikelompokkan atas lima proses pengembangan, meliputi: (a) analysis, (b) design, (c) development, (d) implementation, dan (e) evaluation. Uji coba produk terdiri atas uji coba tahap 1 yang dilakukan oleh satu orang dosen dan dua orang guru, serta uji coba tahap 2 yaitu uji coba terbatas kepada 6 orang siswa dan uji coba tahap 3 yaitu uji coba lapangan kepada 58 siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Sedayu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi, dan angket untuk respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media berupa software aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang terdiri dari komponen: (1) menu profil pengembang, (2) menu petunjuk penggunaan, (3) menu KI-KD, (4) menu konten materi, (5) menu sub materi, (6) menu latihan soal, (7) menu kuis, dan (8) menu pembahasan quiz. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji coba tahap 1 pada ahli materi sebesar 3,52 (sangat baik) dan pada ahli media sebesar 3,37 (baik). Selanjutnya hasil penilaian uji coba tahap 2, yaitu pada uji coba terbatas sebesar 3,41 (sangat baik) dan pada uji coba tahap 3 atau lapangan sebesar 3,17 (baik).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, dasar dan pengukuran listrik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2017 02:59
Last Modified: 09 May 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47638

Actions (login required)

View Item View Item