Pengembangan Model Senam Ritmik untuk Meningkatkan Gerak Dasar dan Ketertarikan Siswa terhadap Senam Ritmik Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas.

Jusuf, Jeane Betty Kurnia (2017) Pengembangan Model Senam Ritmik untuk Meningkatkan Gerak Dasar dan Ketertarikan Siswa terhadap Senam Ritmik Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jeane-betty-kurnia-jusuf-14711251064.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model senam ritmik untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Model yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai salah satu bentuk model pembelajaran yang baik dan efektif untuk meningkatkan gerak dasar dan ketertarikan pada siswa SD kelas atas. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) desain draf awal, (4) validasi draf awal dan revisi, (5) uji coba skala kecil, (6) revisi dan uji coba skala besar dan revisi, dan (7) produk akhir, dan (8) uji efektivitas. Uji coba skala kecil dilakukan di SD Negeri Pirikan Kecamatan Mertoyudan dengan subjek 2 guru dan 15 siswa. Uji coba skala besar dilakukan di SD Negeri Kalinegoro 3 dan SD Negeri Soroyudan Kabupaten Magelang, dengan subjek 2 guru dan 45 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) angket untuk ahli materi dan pembelajaran, (3) angket untuk guru dan siswa, dan (4) rubrik penilaian untuk uji efektivitas. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model senam ritmik untuk siswa sekolah dasar kelas atas yang dikemas dalam bentuk DVD dan buku panduan. Dari hasil analisis data penilaian para ahli, guru, dan siswa, dapat ditarik kesimpulan model senam ritmik untuk siswa sekolah dasar kelas atas ini dinilai baik dan efektif, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, senam ritmik, siswa SD kelas atas
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2017 08:41
Last Modified: 09 May 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47635

Actions (login required)

View Item View Item