Pengembangan Modul Ekosistem Pegunungan Berbasis Android Mobile Menggunakan Model PjBL untuk Meningkatkan KPS dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA.

Dwiyani, Arsi (2017) Pengembangan Modul Ekosistem Pegunungan Berbasis Android Mobile Menggunakan Model PjBL untuk Meningkatkan KPS dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arsi-dwiyani-14725251009.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran biologi berbasis android mobile menggunakan model Project-based Learning (PjBL), (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran biologi berbasis android mobile melalui model PjBL pada pokok bahasan ekosistem pegunungan dari segi substansi dan konstruksi, (3) mengetahui pengaruh modul pembelajaran biologi berbasis android mobile melalui model PjBL terhadap peningkatan ketrampilan proses sains (KPS) peserta didik, dan (4) mengetahui pengaruh modul pembelajaran biologi berbasis android mobile melalui model PjBL terhadap peningkatan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian design and development ini menggunakan metode yang dikembangkan oleh Richey dan Klein tahap validasi, yang dikelompokkan atas empat prosedur, yang meliputi: (a) desain pengembangan, (b) validasi internal, (c) validasi eksternal, dan (d) penggunaan media. Penelitian dilakukan pada Maret- Mei 2016 di SMA N 2 Ngaglik. Subjek uji coba terbatas adalah 10 peserta didik kelas XI. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 32 peserta didik kelas X. Penelitian dilakukan menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 32 peserta didik dan kelas kontrol yang terdiri dari 32 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan produk, tes ketrampilan proses sains, dan lembar angket sikap ilmiah. Analisis data pretes dan postes dilakukan dengan menggunakan program SPSS sedangkan hasil observasi dianalisis secara deskriptif. Ketrampilan proses sains dan sikap ilmiah yang dipengaruhi oleh modul berbasis android ditentukan oleh nilai signifikansi 0,05 dan taraf effect size. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) modul PjBL dikembangakan menggunakan model DDR mencapai tahap validasi, (2) modul PjBL berbasis android mobile ditinjau dari aspek substansi dan konstruksi oleh ahli substansi, ahli konstruksi, guru, dan teman sejawat berkategori "sangat baik", (3) penerapan modul PjBL berbasis android mobile signifikan dalam meningkatkan ketrampilan proses sains dengan effect size sebesar 0,56 dan gain score 0,56 dengan kategori "sedang", dan (4) penerapan modul berbasis android mobile signifikan dalam meningkatkan sikap ilmiah dengan effect size sebesar 0,5 dan gain score 0,82 dengan kategori "tinggi".

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul, model PjBL, android mobile, ketrampilan proses sains, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:50
Last Modified: 09 May 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47632

Actions (login required)

View Item View Item