Pengembangan Multimedia untuk Pembelajaran Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Pustaka, Arkhadi (2010) Pengembangan Multimedia untuk Pembelajaran Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arkhadi-pustaka-08707251001.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia pembelajaran keterampilan proses sains siswa kelas V Sekolah Dasar dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Alessi & Trollip yang terdiri atas tiga tahapan: perencanaan, desain dan pengembangan. Tahapan perencanaan terdiri atas pendefinisian ruang lingkup, identifikasi karakteristik dan kebutuhan belajar, brainstorming awal, pengumpulan sumber bahan dan penentuan standar desain. Tahapan desain terdiri dari langkah-langkah berikut: pengembangan ide utama, analisis pembelajaran, pembuatan purwarupa, diagram alir dan storyboard. Tahapan pengembangan terdiri dari pemrograman dan uji coba produk. Uji produk yang terdiri atas uji alfa, uji beta dan uji lapangan dilaksanakan pada bulan April – Juli 2010. Uji alfa dilakukan oleh dua orang ahli, dua orang pengguna potensial dan seorang kru produksi menggunakan Learning Object Review Instrument (LORI) versi 1.5. Uji beta dilakukan dua kali dengan menggunakan dua instrumen tes yang berbeda dan melibatkan 22 siswa dari tiga Sekolah Dasar di Yogyakarta. Uji lapangan dilakukan di SDI Al Azhar 28 Sukoharjo dengan menggunakan kuisioner respons pengguna. Hasil penelitian pengembangan ini berupa sebuah program multimedia dengan pola penyajian berupa penjelajahan laboratorium. Durasi penggunaan produk yang dikembangkan berkisar antara 40–70 menit tergantung pada kecepatan belajar pengguna. Hasil uji coba produk memperlihatkan bahwa produk berkualitas baik. Hasil uji alfa memperlihatkan bahwa produk dalam kategori sangat baik dengan nilai rerata 4,8 untuk aspek materi dan dalam kategori baik dengan skor rerata 3,65 untuk aspek media. Pengguna menilai produk dalam kategori baik dengan nilai rerata 3,98 untuk aspek materi dan 3,79 untuk aspek media. Hasil uji beta memperlihatkan penggunaan produk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sebesar 4,604% dan meningkatkan keterampilan proses sains sebesar 40,006%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:20
Last Modified: 29 Jan 2019 12:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47630

Actions (login required)

View Item View Item