Upaya Peningkatan Kedisiplinan, Toleransi, dan Kerjasama Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Permainan Rounders dengan Pendekatan Kooperatif Tipe TGT Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bakalan Sewon Bantul.

Ariwibowo, Dedi (2017) Upaya Peningkatan Kedisiplinan, Toleransi, dan Kerjasama Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Permainan Rounders dengan Pendekatan Kooperatif Tipe TGT Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bakalan Sewon Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dedi-ariwibowo-14711251083.swf

Download (5MB)

Abstract

Siswa memiliki sikap disiplin, toleransi, dan kerjasama yang masih kurang dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, toleransi, dan kerjasama dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan pendekatan kooperatif tipe TGT siswa kelas V SD Negeri Bakalan, Sewon, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bakalan, Sewon, Bantul berjumlah 28 orang terdiri atas 15 siswa putra dan 13 putri dan guru yang berjumlah 2 orang. Instrumen penelitian, yaitu: studi dokumenter, rubrik penilaian kedisiplinan, toleransi, dan kerjasama dalam permainan rounders. Indikator keberhasilan, yaitu kedisiplinan, toleransi, dan kerjasama siswa minimal sebanyak 75% dari total siswa tuntas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran pendidikan jasmani dengan pendekatan kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kedisiplinan, toleransi, dan kerja sama siswa kelas V SD Negeri Bakalan, Sewon, Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan (1) nilai kedisiplinan menunjukkan bahwa dari data pra tindakan sebanyak 3,57% (1 siswa) Tuntas, meningkat pada siklus I sebesar 21,43% (6 siswa), dilanjutkan pada siklus II siswa yang Tuntas sebesar 75% (21 siswa). (2) nilai toleransi menunjukkan bahwa dari data pra tindakan sebanyak 0% (0 siswa) Tuntas, meningkat pada siklus I sebesar 17,86% (5 siswa), dilanjutkan pada siklus II siswa yang Tuntas sebesar 92,86% (26 siswa); dan (3) Nilai kerjasama menunjukkan bahwa dari data pra tindakan sebanyak 0% (0 siswa) Tuntas, meningkat pada siklus I sebesar 46,43% (13 siswa), dilanjutkan pada siklus II siswa yang Tuntas sebesar 100% (28 siswa).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TGT, Kedisiplinan, Toleransi, Kerjasama
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:13
Last Modified: 02 Mar 2017 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47627

Actions (login required)

View Item View Item