Pengembangan Bahan Ajar Statistika Dan Peluang Berbasis Multiple Intelligences Berorientasi Pada Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP Kelas VII .

Hasanatul, Umy (2017) Pengembangan Bahan Ajar Statistika Dan Peluang Berbasis Multiple Intelligences Berorientasi Pada Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP Kelas VII . S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-umy-hasanatul-14709259004.swf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku teks Statistika dan Peluang kelas VII berbasis multiple intelligences yang berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa. Karakteristik buku yang dihasilkan yaitu memuat konteks, ilustrasi, dan aktivitas yang bervariasi. Kualitas hasil pengembangan didasarkan pada kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Branch (ADDIE) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Kalibening, Kabupaten Banjarnegara yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, dan instrumen keefektifan bahan ajar. Bahan ajar dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori “baik”. Bahan ajar dikatakan praktis jika penilaian guru dan siswa minimal berkategori “baik”. Bahan ajar dikatakan efektif jika proporsi siswa yang mencapai nilai KKM minimal 75% pada tes prestasi belajar, proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi minimal 75% pada tes kemampuan pemecahan masalah, proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi minimal 75% pada angket ingin tahu siswa. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar statistika dan peluang SMP kelas VII berbasis multiple intelligences yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa produk mencapai kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian guru dan penilaian siswa menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria sangat praktis. Hasil ketuntasan tes prestasi belajar siswa adalah 92,30% (materi statistika) dan 88,46% (materi peluang). Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5%, proporsi jumlah siswa yang mencapai KKM lebih dari 75%. Sedangkan proporsi jumlah siswa yang memperoleh skor kemampuan pemecahan masalah minimal berkategori tinggi lebih dari 75%. Selanjutnya, ditinjau dari hasil rasa ingin tahu siswa diketahui bahwa jumlah rata-rata skor angket akhir lebih dari jumlah rat-rata skor angket awal. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa proporsi jumlah siswa yang memperoleh skor rasa ingin tahu minimal berkategori tinggi lebih dari 75%. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat bahan ajar memenuhi kriteria: valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, multiple intelligences, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, rasa ingin tahu.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:01
Last Modified: 09 May 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47625

Actions (login required)

View Item View Item