LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 1 MLATI

Prichia Deane Putri, Prichia Deane Putri (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 1 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL dea (13401241047).pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga Pendidikan yang menghasilkan tenaga dibidang kependidikan telah berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Salah satu cara yang ditempuh adalah melalui pelaksanaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan. PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai seorang pendidik. Dalam hal ini, Penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sejak tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2016. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik adalah SMP Negeri 1 Mlati yang terletak di Kabupaten Sleman. Pelaksanaan program PPL meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, praktik mengajar, evaluasi hasil belajar, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas. Pada tahap persiapan mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa PPL diberi kesempatan untuk mengajar sebanyak 9 (sembilan) kali pertemuan. Mahasiswa PPL melaksanakan praktik mengajar di kelas VIII A dan IX C dengan alokasi waktu 2x40 menit setiap pertemuan. Mahasiswa PPL mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata selama melaksanakan PPL. Sehingga mahasiswa PPL dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar sesuai bidang keilmuan yang telah ditempuh. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL. Penyusun berharap untuk kedepannya, hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik, mengajar, SMP Negeri 1 Mlati
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Mar 2017 00:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47607

Actions (login required)

View Item View Item