IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG

Hamdani, Hanip (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Hanip Hamdani_10110241020_skripsi.8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru, implementasi peningkatan kompetensi guru dan faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru di UPT Disdikpora Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala UPT Disdikpora, Kepala Sekolah, dan Guru di UPT Disdikpora Kecamatan candimlyo. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kebijakan peningkatan kompetensi guru. Setting dalam penelitian ini adalah UPT Disdikpora Candimulyo Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap awal persiapan implementasi kebijakan peningkatan guru di UPT Disdikpora Candimulyo dilakukan mulai dengan dilakukannya musayawarah yang melibatkan seluruh pegawai UPT, kepala sekolah, dan forum komite. Musyawarah menghasilkan program yang akan dijalankan dalam satu semester, personil yang bertanggung jawab, dan persiapan sarana dan prasarana. Pelaksanaan kebijakan peningkatan kompetensi terwujud dalam bentuk program-program sebagai berikut : workshop, kelompok kerja guru (KKG), pembinaan, santapan rohani, kursus komputer, dan beasiswa studi. Faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru di UPT Candimulyo ada dua yaitu faktor pendukung dan penghambat : a) Faktor Pendukung dalam implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru ini yaitu : peran Kepala UPT yang bertanggung jawab penuh dalam setiap kegiatan. Selain itu komunikasi yang baik antara guru dan pihak UPT, dan respon positif dari guru terhadap beberapa kegiatan peningkatan kompetensi juga mendukung kesuksesan implementasi, dan b) Faktor Penghambat dalam implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru ini yaitu : guru kurang menguasai TIK, Jauhnya jarak tempuh guru ke sekolah, rendahnya minat guru dalam kegiatan yang menggunakan biaya pribadi. Kata kunci: implementasi kebijakan, kompetensi guru, Dinas pendidikan pemuda dan olahraga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 13:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47602

Actions (login required)

View Item View Item