Susilowati, Putri (2016) KULTUR SEKOLAH DI KAWASAN BERISIKO (STUDI PADA SMP NEGERI 3 YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Putri Susilowati_12110241048_skripsi.5.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur di SMP Negeri 3 Yogyakarta yang berada di kawasan berisiko. Penelitian ini mengkaji kultur sekolah dari segi artifak, tindakan, dan gagasan dari warga sekolah mengenai kultur yang berkembang. Setting penelitian berada di SMP Negeri 3 Yogyakarta yang berada di kawasan berisiko. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini: Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru BK, guru mata pelajaran, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kultur sekolah yang berkembang di SMP Negeri 3 Yogyakarta perlu pengembangan, sosialisasi agar semua guru memahami kultur sekolah dan dapat meminimalisir kultur negatif yang ada. Kultur sekolah yang perlu dikembangkan lagi adalah: 1) Artifak yang ada seperti kelengkapan fasilitas kelas seperti LCD, papan tulis, bendera dalam kelas, washtafel, taman sekolah, slogan, kursi terlihat bersih, namun beberapaperlu perawatan dan pengawasan agar tidak ada tangan jahil untuk mencoret/merusak fasilitas yang ada di sekolah, 2) Tindakan/perilaku berkembang pada warga sekolah yang terkelompok dalam nilai, peraturan dan aktivitas seperti kebersihan, nilai budaya, nilai kekeluargaan, nilai kedisiplinan, nilai keindahan, kerapian yang masih membutuhkan pendampingan supaya kultur positif dapat dikembangkan secara maksimal dan menghapus kultur negatif di sekolah, 3) Gagasan dari warga sekolah mengenai kultur di SMP Negeri 3 Yogyakarta adalah sekolah di kawasan wisata dekat dengan hotel yang berada di jantung kota, kurang mendukung untuk dunia pendidikan. Kata Kunci : Kultur Sekolah,Kawasan Berisiko, SMP Negeri 3 Yogyakarta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 02:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47599 |
Actions (login required)
View Item |