IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMINIMALISASI KENAKALAN REMAJA (JUVENILE DELINQUENCY) DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Mulyani, Elva Christina Titi (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMINIMALISASI KENAKALAN REMAJA (JUVENILE DELINQUENCY) DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Elva Christina_12110244006_skripsi.1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan karakter dalam meminimalisasi kenakalan remaja dan nilai-nilai karakter yang ditanamkan oleh SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, 2 wakil kepala sekolah, 4 orang guru agama, 2 orang guru Bimbingan dan Konseling (BK), 2 orang guru wali kelas dan 4 siswa sebagai objek implementasi kebijakan pendidikan karakter. Setting penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam melakukan analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Melalui implementasi kebijakan pendidikan karakter di SMA Negeri 6 Yogyakarta menunjukkan bahwa sekolah mampu mencegah dan menurunkan tingkat kenakalan remaja secara kualitatif. (2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan antara lain: nilai religius, kejujuran, toleransi, kedisiplinan, semangat kebangsaan, menghargai prsetasi, bersahabat dan komunikatif, gemar membaca, dan peduli lingkungan. Nilai-nilai karakter diwujudkan melalui program salam pagi, mematikan mesin motor sebelum memasuki sekolah, literasi, imtaq, peduli lingkungan, memungut sampah sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, memulai proses KBM menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan mengakhiri proses KBM dengan menyanyikan lagu wajib. Hal tersebut membuktikan bahwa melalui pendidikan karakter mampu mencegah dan menurunkan tingkat kenakalan remaja di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Nilai karakter, Kenakalan Remaja dan Tawuran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:18
Last Modified: 30 Jan 2019 13:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47595

Actions (login required)

View Item View Item