LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 MLATI

RIZQI NEFI MARLUFI, RIZQI NEFI MARLUFI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FMIPA_Rizqi Nefi Marlufi_13301241035.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki tujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata dalam mengajar pesera didik di sekolah sehingga calon pendidik/guru dapat belajar dari guru-guru di sekolah tentang hal-hal yang berkaitan dalam pembelajaran di sekolah dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dimiliki mahasiswa sebagai calon pendidik/guru. SMA Negeri 1 Mlati terletak di Jalan Cebongan, Tlogodadi Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penyerahan mahasiswa berlangsung pada tanggal 22 Februari 2016 didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Setelah itu, mahasiswa menghubungi guru pembimbing program studi matematika dan berdiskusi kapan bisa melakukan observasi dikelas menyesuaikan jadwal kuliah mahasiswa dan jadwal guru mengajar di kelas. Observasi dilakukan di kelas X karena guru pembimbing mengajar di kelas X, dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Mlati, pada awalnya masih menggunakan KTSP dan pembelajaran di kelas menggunakan saintifik. Tetapi pada awal tahun pelajaran yang baru, kelas X di SMA Negeri 1 Mlati diharuskan menggunakan kurikulum 2013, sehingga mahasiswa melakukan konsultasi kembali ke guru pembimbing untuk materi pembelajaran matematika. Setelah konsultasi, mahasiswa diberikan 3 kelas untuk mengajar, yaitu kelas X MIA 2, X IIS 1 dan X IIS 2 dengan jumlah masing-masing kelas 34 siswa, 28 siswa dan 32 siswa. Sebelum mengajar di kelas, mahasiswa sudah dibekali kuliah microteaching dimana mahasiswa latihan membuat RPP yang sebelumnya sudah dikonsultasikan ke dosen pengampu microteaching, yang berperan sebagai siswa adalah teman-teman mahasiswa sendiri. Untuk materi, mahasiswa diminta menyiapkan RPP bab pertama tentang Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak serta bab kedua Persamaan Linear Tiga Variabel. Akan tetapi bab kedua tentang SPLTV pada minggu ke enam dan dianggap cukup oleh guru pembimbing. Mahasiswa mulai masuk kelas dan mengajar pada tanggal 23 Juli 2016. Untuk kegiatan diluar pembelajaran, mahasiswa juga membantu sekolah dalam hal piket harian, piket menjaga perpustakaan, dll. Kegiatan praktik mengajar terlaksana sesuai jadwal dan memenuhi minimal 8 RPP karena mahasiswa mengajar lebih dari 8 RPP. Selain mengajar di kelas yang ditentukan, mahasiswa juga membantu mengisi kelas XII untuk menjaga saat ulangan. Hasil yang didapatkan mahasiswa selama PPL di SMA Negeri 1 Mlati adalah mahasiswa mendapat pengalaman yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan pengelolaan kelas serta berhadapan mengajar peserta didik yang memiliki beragam sikap dan tingkah laku. Selain dalam proses mengajar mahasiswa juga mendapat pengalaman membuat soal ulangan dan menganalisis hasil ulangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Mlati, Matematika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Mar 2017 00:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47586

Actions (login required)

View Item View Item