LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MLATI

Ida Siti Mahsunah, Ida Siti Mahsunah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FMIPA_Ida Siti Mahsunah_Pend. Matematika_13301244004.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program untuk mahasiswa agar memiliki pengalaman di dunia mengajar yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya yaitu sebagai seorang pendidik. Dalam program PPL ini mahasiswa dapat menyalurkan segala ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah kepada para siswa di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ini memberikan pengalaman yang sesungguhnya dalam dunia mengajar di sekolah kepada mahasiswa sebagai calon pendidik. Hal tersebut digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. SMA Negeri 1 Mlati terletak di Jalan Cebongan, Tlogodadi Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penyerahan mahasiswa berlangsung pada tanggal 22 Februari 2016 didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Setelah itu, mahasiswa menghubungi guru pembimbing program studi matematika dan berdiskusi kapan bisa melakukan observasi dikelas menyesuaikan jadwal kuliah mahasiswa dan jadwal guru mengajar di kelas. Observasi dilakukan di kelas X. Saat observasi, kegiatan pembelajaran menggunakan KTSP dengan metode saintifik. Pada saat observasi, guru pembimbing memberitahukan bahwa sewaktu PPL mahasiswa akan mengampu peserta didik kelas XI menggunakan KTSP. Namun, ketika mahasiswa berkonsultasi lagi pada minggu pertama kegiatan PPL berlangsung, guru pembimbing memberitahukan bahwa mahasiswa diminta mengampu peserta didik kelas X MIPA untuk mata pelajaran matematika peminatan. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Mahasiswa menjalankan program mengajar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat. Program mengajar yang dilakukan bervariasi, yaitu menggunakan metode ekspository, diskusi, problem based learning (PBL), dan example-problem pairs Hasil dari kegiatan PPL, yaitu praktik mengajar selama 13 kali di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah RPP sebanyak 6 buah..

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Mlati, Matematika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Feb 2017 08:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47579

Actions (login required)

View Item View Item