LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 MLATI Cebongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 15 Juli – 15 September 2016

Atika Nur Wulandari, Atika Nur Wulandari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 MLATI Cebongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 15 Juli – 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FMIPA_Atika Nur Wulandari_Pend. Kimia_13303241027.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk menimba ilmu pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman mengajar agar menjadi pendidik yang profesional. Program PPL di SMA N 1 Mlati, dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai15 September 2016. Sebelum merencanakan dan menyusun program PPL, dilakukan observasi yang berupa observasi fisik dan non fisik serta observasi pembelajaran di kelas. Kegiatan PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain : observasi kelas, menyusun perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Selama program PPL, praktikan mendapatkan kesempatan praktik mengajar di kelas XI IPA 2 secara mandiri dengan jadwal 5 jam pelajaran per minggu. Kegiatan PPL ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan mengajar khususnya mencakup variabel dinamis, antara lain : pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi. PPL dilaksanakan setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan perannya sebagai guru yang dipelajari secara bertahap sejak semester awal, khususnya pembekalan dan kulian micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui PPL, mahasiswa calon guru diterjunkan ke sekolah untuk mengamati, mengenal dan belajar mempraktikkan semua kompetensi mengajar yang telah di pelajari selama kuliah, sehingga mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan dengan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, dosen pembimbing, koordinator PPL dan kepala sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Feb 2017 07:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47575

Actions (login required)

View Item View Item