LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 15 Agustus – 15 September 2016 LOKASI : SMA NEGERI 1 MLATI Cebongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyaka

Aldila Kemas Agusta, Aldila Kemas Agusta (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 15 Agustus – 15 September 2016 LOKASI : SMA NEGERI 1 MLATI Cebongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyaka. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FMIPA_Aldila Kemas Agusta_Pend. Biologi_13304241007.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Pelaksanaan PPL tersebut telah memberikan pengalaman kepada praktikan dalam hal pembelajaran dan pengembangan serta pengaplikasian ilmu pengetahuan. PPL UNY di SMA Negeri 1 Mlati adalah salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh UPPL UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. SMA Negeri 1 Mlati merupakan salah satu sekolah yang dipilih oleh Universitas Negeri Yogyakarta menjadi lokasi PPL terpadu. SMA Negeri 1 Mlati yang beralamat di Cebongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta memiliki fasilitas yang cukup lengkap dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMA Negeri 1 Mlati tahun 2016 ini. Program PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai tanggal 15 September 2016. Kegiatan PPL dilakukan di kelas XI dengan mengajar mata pelajaran Biologi. Kegiatan PPL dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, penulis telah melakukan kegiatan mengajar sebanyak 35 kali tatap muka, baik pemberian materi pembelajaran maupun evaluasi pembelajaran atau selama 63 jam mengajar di 2 kelas yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu penulis mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Penulis telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi. Selain itu juga memperoleh pengalaman factual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi penulis untuk mengembangkan dirinya sebagai tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengalaman, Pembelajaran, Pendidik, Profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Feb 2017 07:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47574

Actions (login required)

View Item View Item