Evaluasi Publikasi Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui Media Massa.

Hadi, Samsul (2017) Evaluasi Publikasi Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui Media Massa. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-samsul-hadi-12701269007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan evaluasi publikasi kebijakan terkait pendidikan menengah kejuruan yang dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk memperoleh (1) informasi yang dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam pemilihan media, materi, strategi dan jadwal publikasi; (2) informasi manajemen publikasi meliputi sumber daya dan perencanaannya; (3) informasi ketepatan, perataan, kecukupan dan efisiensi dalam pendayagunaan materi, media, kebiasaan audien dan strategi publikasi; dan (4) informasi tentang efektifitas publikasi. Metode penelitian evaluasi ini merupakan kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif berlandaskan pada 6 (enam) kriteria yaitu efektifitas, efisiensi, perataan, kecukupan, ketepatan dan daya guna yang dipergunakan untuk menilai komponen-komponen publikasi Direktorat Pembinaan SMK. Sementara komponen publikasi mencakup materi publikasi, media publikasi, kebiasaan audien, dampak publikasi serta komunikator yaitu manajemen publikasi Direktorat Pembinaan SMK. Instrumen yang dipergunakan meliputi panduan wawancara dengan subjek praktisi publikasi di lingkunan Direktorat Pembinaan SMK, panduan observasi dengan lokasi di kantor Direktorat Pembinaan SMK dan angket yang objeknya warga SMK untuk mendapatkan distribusi persepsinya terkait publikasi Direktorat Pembinaan SMK. Proses validasi instrumen dilakukan melalui Teknik Delphy 2 (dua) putaran yang melibatkan ahli evaluasi, ahli komunikasi dan praktisi publikasi dan diakhiri dengan validasi dan ujicoba. Simpulan penelitian ini secara umum adalah sebagai berikut. (1) Peluang dan kesempatan pada tataran konteks publikasi yang dapat diberdayakan berada pada tingkat moderat; (2) kecukupan sumberdaya dan strategi alternatifnya berada pada tingkat moderat; (3) ketepatan; (4) perataan; dan (5) efisiensi dalam tataran pelaksanaan publikasi Direktorat Pembinaan SMK juga masing-masing dalam tingkat moderat; tetapi, (6) publikasi pada tataran hasil masih dalam tingkat kurang. Media publikasi yang dipergunakan unggul dalam merubah prilaku dan memiliki jangkauan siaran yang baik, tapi ketersediaan alat akses di masyarakat dalam tingkat sedang. Anggaran publikasi masih sangat kecil yaitu paling tinggi 36% dari kecukupan, pemberdayaan hasil evaluasi dan sinergisitas antara kebijakan stategis dengan prioritas publikasi masih pada tingkat kurang. Akan tetapi, manajemen SDM dan alternatifnya sudah termasuk baik dimana semua pekerjaan terkait program publikasi terdistribusi habis. Efisiensi pada penggunaan format pesan atau acara, dan efisiensi pada jadwal tayang masih berada pada tingkat rendah. Sementara, efisiensi dalam penggunaan tokoh berada pada kategori tinggi. Demikian juga, isi pesan yang dipublikasikan merupakan pesan potensial yang memenuhi harapan publik, perataan publikasi bidang keahlian dan kepatuhan pada etika masyarakat termasuk tinggi. Sementara, dampak nyata publikasi yang dilakukan Direktorat Pembinaan SMK masih rendah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, efektif, efisien, perataan, kecukupan, dayaguna, ketepatan, media massa, publikasi, kebijakan dan level.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Feb 2017 07:06
Last Modified: 20 Jun 2022 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47572

Actions (login required)

View Item View Item