Manajemen Pendidikan Karakter di SDIT Ath Thoriq Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen.

Awaliyah, Nunung (2017) Manajemen Pendidikan Karakter di SDIT Ath Thoriq Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nunung-awaliyah-11703254014.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, dan (4) pengontrolan/pengawasan/ pengendalian manajemen pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri atas segenap warga SDIT Ath Thoriq meliputi: kepala sekolah, pengurus yayasan, guru, karyawan, dan siswa. Pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Instrumen pengumpulan data berupa human instrument, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman analisis dokumen. Keabsahan data diuji melalui uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Analisis data dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah selesai di lapangan. Analisis data selama di lapangan menggunakan model Miles dan Huberman. Aktivitas dalam analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SDIT Ath Thoriq menetapkan 18 parameter akhlak aplikatif sebagai basis pendidikan karakter yang meliputi antusias dalam ibadah taaluh, memiliki reflek infaq dan sedekah, peduli dan empati, suka bekerjasama, berani, memiliki keteguhan hati dan komitmen yang tinggi, adil, suka menolong, jujur dan berintegritas tinggi, percaya diri, loyal, humoris, sabar, memiliki rasa bangga, banyak akal, respek, tanggung jawab dan toleran; (2) optimalisasi peran kepala sekolah, guru dan karyawan serta pemberdayaan guru yang sebagian besar didanai oleh sumbangan wali siswa merupakan bentuk pengorganisasian sumber daya sekolah dalam manajemen pendidikan karakter; (3) pendidikan karakter dilaksanakan terintegrasi dalam pembelajaran dengan memasukkan nilai-nilai Islam, keteladanan guru sebagai kurikulum hidup, pendekatan yang manusiawi, pembiasaan, belajar dengan mempraktikkan, penerapan budaya sekolah, pemanfaatan website sekolah, serta pembinaan ukhuwah Islamiyah dan amar maruf nahi munkar; (4) pengontrolan dan evaluasi dalam pendidikan karakter dilaksanakan oleh pengurus yayasan dan kepala sekolah. Penilaian pendidikan karakter melalui pengamatan guru tentang perilaku siswa, penilaian formal melalui ulangan, ujian dan pentas akhir tahun. Pelaporan dilakukan melalu buku rapor dan kunjungan rumah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan, pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Feb 2017 06:54
Last Modified: 28 Feb 2017 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47571

Actions (login required)

View Item View Item