Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Geografi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Maulana, Usaji (2017) Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Geografi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo, DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-usaji-maulana-14727251006.swf

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) penilaian hasil belajar dengan penerapan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran geografi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Pendidikan Dasar dan Menengah No. 65, 81A Lampiran IV dan 66 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Pedoman Umum Pembelajaran, dan Standar Penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model evaluasi Countenance Stake serta menggunakan pendekatan deskriptif. Objek penelitian adalah dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) buatan guru geografi, dan pelaksanaan pembelajaran dengan tahapan: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi (5M). Subjek penelitian adalah guru-guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran geografi termasuk kategori baik, ditemukan kesesuaian antara komponen RPP yang lengkap dengan standar proses pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran geografi termasuk kategori baik, adanya kesesuaian antara penerapan Pendekatan Saintifik dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pedoman umum pembelajaran; dan (3) penilaian hasil belajar siswa termasuk kategori baik, adanya kesesuaian dengan standar penilaian. Dengan demikian pembelajaran geografi dengan Pendekatan Saintifik dapat dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu pelaksanaan Pendekatan Saintifik dapat dilanjutkan, dan diperluas ke SMA lain di Kabupaten Kulon Progo khususnya, dan di Provinsi DIY.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik, evaluasi model countenance stake, pembelajaran geografi
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Feb 2017 06:34
Last Modified: 09 May 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47570

Actions (login required)

View Item View Item