Pengembangan Tes Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri di Kota Yogyakarta.

Rizaldi, Rizaldi (2017) Pengembangan Tes Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizaldi-14701259002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan dua paket tes hasil belajar fisika kelas XI SMA dengan spesifikasi yang sama, (2) mengetahui karakteristik tes hasil belajar Fisika kelas XI SMA, (3) mengetahui kesetaraan tes hasil belajar kelas XI SMA, dan (4) mengetahui distribusi kemampuan peserta didik kelas XI SMA sampel di kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis pengembangan diadopsi dari model pengembangan Oriondo & Dallo-Antonio. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri program IPA di kota Yogyakarta. Sampel penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 499 peserta didik. Instrumen yang digunakan tes bentuk pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Analisis dilakukan dengan pendekatan teori respon butir menggunakan program BILOG-MG 3.0. Validitas isi tes paket A dan paket B diperoleh rerata indeks Aiken sama sebesar 0,860. Reliabitas tes paket A dan paket B masing-masing 0,804 dan 0,792. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dua paket tes yang dihasilkan untuk mata pelajaran fisika yang meliputi materi dinamika rotasi, kesetimbangan benda tegar, fluida statis dan fluida dinamis menggunakan spesifikasi yang sama terdiri dari kisi-kisi tes dan 40 butir soal bentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban, (2) tes hasil belajar fisika kelas XI SMA paket A memiliki 32 butir fit model 1PL (〖χ_A〗^2=554,2 dan p>0,05) dan paket B memiliki 34 butir fit model 1PL (〖χ_B〗^2=482,6 dan p>0,05), rerata tingkat kesukaran tes hasil belajar fisika kelas XI SMA paket A dan paket B adalah sama yaitu 0,000 menunjukkan kedua paket tes setara, dan fungsi informasi tes hasil belajar fisika kelas XI SMA paket A maksimum sebesar 22,38 pada θ 0,0 logit dengan SEM sebesar 0,211 dan paket B maksimum sebesar 21,54 pada θ 0,0 logit dengan SEM sebesar 0,215, (3) penyetaraan tes hasil belajar Fisika kelas XI SMA paket A ke paket B diperoleh persamaan θ_B^*=1,038 θ_A-0,027, hal ini menunjukkan tes paket A lebih sukar dibandingkan tes paket B, dan (4) distribusi kemampuan sebagian besar peserta didik kelas XI SMA sampel berada pada 0≤θ<1 untuk tes paket A sebesar 56,7% dengan skor standar TA=38,280–71,902 dan paket B sebesar 56,3% dengan skor standar TB=38,183–73,951, hal ini berarti kemampuan peserta didik pada kedua paket tes berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Tes Hasil Belajar, Fisika, Penyetaraan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:43
Last Modified: 09 May 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47550

Actions (login required)

View Item View Item