LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI 1 SEKARSULI KOTA YOGYAKARTA

Ulin Nuskhi Muti’ah, Ulin Nuskhi Muti’ah (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI 1 SEKARSULI KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_ULIN NUSKHI MUTI'AH_13108241180.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 merupakan program yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai perkuliahan lapangan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru sekolah dasar. Melalui kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung mengenai profesi guru di sekolah dasar diantaranya yaitu pengelolaan kelas, pembelajaran di kelas secara langsung, administrasi sekolah dasar, dan menghadapi permasalahan di lingkungan sekolah dasar. Salah satu sekolah dasar yang ditunjuk oleh UNY sebagai lokasi pelaksanaan PPL semester khusus tahun 2016 yaitu SD N 1 Sekarsuli. PPL yang dilaksanakan di SD N 1 Sekarsuli dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Secara umum pelaksanaan PPL di SD N 1 Sekarsuli dapat dikatakan berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari program mengajar dan program non-mengajar. Program mengajar dibagi menjadi tiga jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 27 Juli 2016, 9 Agustus 2016, 25 Agustus 2016, 8 September 2016 pelaksanaan praktik mengajar mandiri dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 2 Agustus 2016, 19 Agustus 2016, 23 Agustus 2016, dan 3 September 2016 dan ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 14 dan 16 September 2016. Masing-masing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi dengan mata pelajaran eksakta dan non-eksakta. Masing-masing program mengajar dijabarkan menjadi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi kegiatan observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil pelaksanaan di lapangan, kegiatan PPL di SD Negeri 1 mampu memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari di bangku kuliah ke dalam proses pembelajaran di sekolah secara langsung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Negeri 1 Sekarsu, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47545

Actions (login required)

View Item View Item