LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Ni Putu Diah Untari Ningsih, Ni Putu Diah Untari Ningsih (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Archive
Ni Putu Diah Untari Ningsih_13505241046.zip

Download (24MB)

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK) yang mencetak sarjana pendidikan atau sarjana yang berorientasi di dunia kependidikan, dimana sebagian besar program studi yang ada di UNY adalah program studi kependidikan. Sebagai salah satu universitas yang bergerak di bidang kependidikan, maka UNY senantiasa meningkatkan kualitas lulusan untuk mengembangkan kemajuan pendidikan di Indonesia. PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa UNY yang mengambil program studi pendidikan. Kegiatan PPL sebagai pembelajaran bagi mahasiswa untuk menghadapi pengalaman nyata sebagai tenaga pendidik atau guru di sekolah. Mahasiswa diharapkan mampu berlatih mengerti tugas seorang guru yang meliputi hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai pelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, cara penyampaian materi yang sesuai bagi siswa, cara mengandalikan kelas, penilaian hasil belajar siswa, melakukan perbaikan dan pengayaan bagi siswa, serta hal-hal yang berkaitan dengan tugas seorang guru. Sebelum mahasiswa mulai melaksanakan PPL, terdapat kegiatan pra PPL yang harus dilaksanakan, antara lain pembekalan PPL, micro teaching, dan penyerahan mahasiswa ke pihak sekolan untuk selanjutnya melakukan kegiatan observasi. Pada PPL ini, penulis melaksanakan PPL di SMK Negeri 1 Sedayu. PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Penulis mengampu mata pelajaran utama Konstruksi Bangunan dengan alokasi waktu 7 jam pelajaran (315 menit). Rangkaian kegiatan mengajar yang dilaksanakan yaitu persiapan mengajar, kegiatan pembelajaran, dan penilaian atau evaluasi. Pada kegiatan persiapan mengajar yang perlu dilakukan adalah pemahaman silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pemmbuatan sistem penilaian konsultasi dengan GPL dan DPL, penyusunan bahan ajar (materi), pembuatan media pembelajaran, dan pembuatan soal atau tugas. Setelah persiapan dilakukan, selanjutnya adalah kegiatan pembelajar yang berpedoman pada RPP. Pada kegiatan mengajar diharapkan mahasiswa mampu mengelola kelas dengan baik melalui kegiatan belajar yang menarik dan interaktif, serta pengkondisian kelas yang baik. Kegiatan pembelajaran dilakukan di kelas X TGB A pada hari Selasa jam ke 1 – 7 (pukul 07.00 – 12.40 WIB), X TGB B pada hari Kamis jam ke 1 – 7 (pukul 07.00 – 12.40 WIB. Hasil yang diperoleh pada kegiatan PPL adalah mampu memahami dan merasakan pengalaman secara nyata mengajar langsung siswa SMK, megerti bagaimana mengelola kelas dan penyampaian materi yang baik. Pada mata pelajaran teori, siswa akan lebih tertarik untuk memperhatikan apabila menggunakan media pembelajaan seperti powerpoint yang menarik. Akan tetapi, untuk materi dengan hitungan, siswa akan lebih fokus apabila dijelaskan menggunakan papan tulis. Secara keseluruhan kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dimana mahasiswa mampu berlatih menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Konstruksi Bangunan, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47534

Actions (login required)

View Item View Item