LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Jl. Kemusuk Pos Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta 55753 Telp. (0274) 798084

MUHAMMAD RIZQI KURNIAWAN, MUHAMMAD RIZQI KURNIAWAN (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Jl. Kemusuk Pos Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta 55753 Telp. (0274) 798084. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Archive
Muhammad Rizqi Kurniawan_13505241048.zip

Download (40MB)

Abstract

Upaya peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran terus dilakukan, termasuk dalam hal ini adalah program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta, sekaligus sebagai program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. PPL bertujuan untuk mengabadikan sebagian kompetensi mahasiswa untuk membantu lebih memberdayakan masyarakat sekolah demi tercapainya keluaran sekolah yang lebih berkualitas dan melatih kemampuan profesionalisme mengajar mahasiswa serta memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri dan menerapkan kemampuannya sebelum masuk ke dunia kependidikan yang sebenarnya. Sebelum pelaksanaan kegiatan PPL, mahasiswa diwajibkan untuk melalui prosedur yang telah ditentukan, yaitu: lulus mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching), observasi (lapangan, kelas, dan lingkungan), serta pembekalan PPL yang diadakan oleh LPPMP UNY. Tahap akhir dari kegiatan PPL adalah penyusunan Laporan Kegiatan PPL. Lokasi PPL Universitas Negeri Yogyakarta adalah sekolah atau lembaga pendidikan yang ada di wilayah Propinsi DIY dan Jawa Tengah. Pada program PPL UNY 2016, penulis mendapatkan lokasi pelaksanaan program PPL di SMK Negeri 1 Sedayu, yang beralamat di Jalan Kemusuk Pos Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Dengan mengampu mata pelajaran Menggambar Interior dan Eksterior Bangunan Gedung Kelas XI Teknik Gambar Bangunan. Dalam kurun waktu kurang lebih selama 2 bulan dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Secara keseluruhan, peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan oleh mahasiswa PPL. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah melaksanakan pembuatan rencana pembelajaran berupa RPP, Jobsheet, dan Administrasi Pendidik. Hasil yang diperoleh selama PPL adalah pengalaman nyata dalam hal mengajar maupun hal-hal yang menunjang lainnya. Mahasiswa mendapat pengalaman agar bisa lebih kreatif dan mematangkan mental agar siap menjadi guru. Mahasiswa juga mendapat pengalaman agar bisa mengatasi permasalahan yang ada sehingga ke depannya diharapkan tercipta pendidik yang berdedikasi dan professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Menggambar Interior dan Eksterior, PPL, SMK Negeri 1 Sedayu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47533

Actions (login required)

View Item View Item