LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 SEDAYU

Faizal Ahmad Ramadhan, Faizal Ahmad Ramadhan (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 SEDAYU. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Archive
Faizal Ahmad Ramadhan_13505241058.zip

Download (21MB)

Abstract

Salah satu langkah yang dilakukan UNY dalam mengembangkan kualitas lulusannya adalah melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa UNY yang mengambil program studi pendidikan. Kegiatan PPL sebagai pembelajaran bagi mahasiswa untuk menghadapi pengalaman nyata sebagai tenaga pendidik atau guru di sekolah. Mahasiswa diharapkan mampu berlatih mengerti tugas seorang guru yang meliputi hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai pelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, cara penyampaian materi yang sesuai bagi siswa, cara mengandalikan kelas, penilaian hasil belajar siswa, melakukan perbaikan dan pengayaan bagi siswa, serta hal-hal yang berkaitan dengan tugas seorang guru. Sebelum mahasiswa mulai melaksanakan PPL, terdapat kegiatan pra PPL yang harus dilaksanakan, antara lain pembekalan PPL, micro teaching, dan penyerahan mahasiswa ke pihak sekolah untuk selanjutnya melakukan kegiatan observasi. PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Penulis mengampu mata pelajaran utama Gambar Teknik Dasar dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran (90 menit). Rangkaian kegiatan mengajar yang dilaksanakan yaitu persiapan mengajar, kegiatan pembelajaran, dan penilaian atau evaluasi. Pada kegiatan persiapan mengajar yang perlu dilakukan adalah pemahaman silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pemmbuatan sistem penilaian konsultasi dengan GPL dan DPL, penyusunan bahan ajar (materi), pembuatan media pembelajaran, dan pembuatan soal atau tugas. Setelah persiapan dilakukan, selanjutnya adalah kegiatan pembelajar yang berpedoman pada RPP. Pada kegiatan mengajar diharapkan mahasiswa mampu mengelola kelas dengan baik melalui kegiatan belajar yang menarik dan interaktif, serta pengkondisian kelas yang baik. Kegiatan pembelajaran dilakukan di kelas X TGB A pada hari Selasa jam ke 1 – 4 (pukul 07.00 – 10.00 WIB), X TGB B pada hari Kamis jam ke 1 – 4 (pukul 07.00 – 10.00 WIB. Pada mata pelajaran teori, siswa akan lebih tertarik untuk memperhatikan apabila menggunakan media pembelajaan seperti powerpoint yang menarik. Akan tetapi, untuk materi dengan hitungan, siswa akan lebih fokus apabila dijelaskan menggunakan papan tulis. Secara keseluruhan kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dimana mahasiswa mampu berlatih menjadi tenaga pendidik yang profesional sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Gambar Teknik Dasar, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47529

Actions (login required)

View Item View Item