LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK N 1 SEDAYU 2016/2017

Yusuf Maulana Putra, Yusuf Maulana Putra (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK N 1 SEDAYU 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Laporan PPL SMK 1 SEDAYU_Yusuf Maulana Putra_Teknik Mesin.docx

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Laporan PPL SMK 1 SEDAYU_Yusuf Maulana Putra_Teknik Mesin.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu sarana bagi mahasiswa untuk belajar dan melatih diri dalam mempersiapkan kehidupan di masyarakat. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu di bidang akademik seperti yang didapatkan di perkuliahan tetapi juga mampu melaksanakan serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh untuk diabdikan kepada masyarakat. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat Smk N 1 Sedayu Bantul khususnya seluruh siswa Smk N 1 Sedayu Bantul. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktek mengajar yang mulai menggunakan kurikulum 2013, di mana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin (Jam ke 1-4) di kelas X TP C, (Jam ke 4- 7) di kelas X TP A dan hari Rabu (Jam ke 1-8 (sore)) di kelas XI TP A Program Keahlian Teknik Pengelasan. Pada kurikulum 2013 ini kelas X praktikan mengampu mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi(KMKE) di kelas X dan mata pelajaran Las GMAW dan SMAW di kelas XI. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik dan lancar, meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan serta bekal untuk membentuk keprofesionalannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK NEGERI 1 SEDAYU, KMKE,SMAW
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Feb 2017 00:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47523

Actions (login required)

View Item View Item