ANALISIS INTERAKSI KELAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN YOGYAKARTA II (STUDI KASUS DI KELAS XI MIPA 2)

Turasih, Turasih (2016) ANALISIS INTERAKSI KELAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN YOGYAKARTA II (STUDI KASUS DI KELAS XI MIPA 2). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TURASIH.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ragam interaksi di setiap materi (pokok bahasan), (2) persentase aktivitas guru dan siswa, dan (3) jenis interaksi pada pembelajaran biologi di kelas XI MIPA 2 MAN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode observasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dengan mengacu pada instrumen baku Flanders Interaction Analysis Categories (FIAC) dan seperangkat alat perekam video. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru biologi dan siswa kelas XI MIPA 2 MAN Yogyakarta II. Proses pengambilan data dilakukan pada bulan Februari hingga April 2016. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ragam interaksi pada setiap materi (pokok bahasan) biologi adalah AF, PE, IS, AQ, L, GD, CJ, SR, SI, dan SC. Aktivitas siswa yang dominan pada setiap pokok bahasan adalah respon siswa (SR/ Student Response), sedangkan aktivitas guru yang dominan berbeda-beda, bergantung pada metode dan jenis kegiatan pembelajaran, (2) persentase aktivitas yang tertinggi adalah aktivitas siswa, dan (3) jenis interaksi meliputi interaksi guru dengan siswa, interaksi siswa dengan siswa, dan interaksi siswa dengan objek belajar. Jenis interaksi yang paling dominan adalah interaksi guru dengan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 13:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47520

Actions (login required)

View Item View Item