LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 SEDAYU YOGYAKARTA Alamat: Pos Kemusuk, Sedayu, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta 55753

Dona Sumargono, Dona Sumargono (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMKN 1 SEDAYU YOGYAKARTA Alamat: Pos Kemusuk, Sedayu, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta 55753. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DONA SUMARGONO (P.TEKNIK MESIN ).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya selama kuliah kepada para siswa di sekolah. Adapun tujuan dari program PPL ini yakni untuk untuk mengabadikan sebagian kompetensi mahasiswa untuk membantu lebih memberdayakan masyarakat sekolah demi tercapainya keluaran sekolah yang lebih berkualitas serta melatih kemampuan profesionalisme mengajar mahasiswa. Melalui kegiatan ini keempat kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian dapat semakin ditingkatkan. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016 bertempat di SMK N 1 Sedayu yang beralamat di Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, DIY. Kegiatan PPL ini melaksanakan program kegiatan dengan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Mata pelajaran yang diampu adalah Gambar Teknik dan Gambar Teknik Manufaktur di kelas IX. Alokasi waktu tatap muka 2 jam teori dan 6 jam pelajaran untuk mata pelajaran praktik. KBM berjalan dengan lancar, walaupun sesekali terdapat kendala dalam mengatasi siswa yang cenderung ramai sendiri dikelas. Hasil praktik Pengalaman Lapangan ini adalah penerapan ilmu pengetahuan baik itu dalam teori maupun praktik. Selain penerapan ilmu disoklah disampin itu juga praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Teknik Mesin yang diperoleh di perkuliahan. Kegiatan praktik kerja lapangan memberikan pengalaman kepada praktikan berupa pengalaman menjadi guru yang profesional dan berdedikasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK NEGERI 1 SEDAYU, GAMBAR TEKNIK, GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Feb 2017 09:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47513

Actions (login required)

View Item View Item