LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 SEDAYU

Afrilia Nur Leinda, Afrilia Nur Leinda (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 SEDAYU. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL LENDA PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMK N 1 SEDAYU Bantul telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tangaal 15 juli 2016 sampai dengan 15 september 1016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 6 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, 4 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Otomitif, 5 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, 4 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, 9 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan 3 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Seni Tari. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik profesional di bidangnya. Kegiatan praktik mengajar dimulai pada tanggal 25 juli 2016 dengan mengampu mata pelajaran Mekanika Teknik Dasar. Praktik pengajaran dilakukan dikelas X TPA dan kelas X TPC dengan total 6 kali tatap muka dan pada tanggal 26 agustus 2016 mulai mengajar praktik las SMAW dan GMAW praktik pengajaran dilakukan dikelas XII TPA dengan total 5 kali tatap muka. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi praktik mengajar, pembuatan soal dan pembuatan RPP serta kegiatan lainya. Dalam pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Kurang lebih dua bulan di sekolah, mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas, tindakan kelas, baik saat teori maupun praktik. Dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-tema satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, SMK Negeri 1 Sedayu, Praktik Mengajar. Teknik Pengelasan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47512

Actions (login required)

View Item View Item