LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016 LOKASI SMK N 1 SEDAYU Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul 55753

Wahyu Widi Kristiawan, Wahyu Widi Kristiawan (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016 LOKASI SMK N 1 SEDAYU Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul 55753. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_PTI_13520244014_WahyuWidiKristiawan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa jurusan pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai oleh mahasiswa yaitu sosial, pedagogik, profesional, dan kepribadian. Kegiatan PPL diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar, memeperluas wawasan, pelatihan, dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang tertentu, pengingkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Secara umum pelaksanaan PPL meliputi empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahap persiapan meliputi kegiatan observasi kondisi lingkungan sekolah mulai dari kurikulum yang dipakai hingga keadaan sekolah secara fisik yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPL. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi pembekalan, penerjunan, serta praktik mengajar. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK N 1 Sedayu dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 yang diisi dengan kegiatan observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing lapangan, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan materi ajar, praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar kelas yang di ampu yaitu kelas XI TKJ A dan kelas XI TKJ B pada mata pelajaran rancang bangun jaringan. Kegiatan evaluasi meliputi pemberian soal praktikum, pemberian post test, dan pembuatan tugas untuk siswa. Praktik Pengalaman Lapangan menjadi sarana untuk melatih mahasiswa sebelum terjun ke lapangan kerja yang sesungguhnya. Melalui kegiatan ini, penulis memperoleh pengalaman dan keterampilan mengenai managerial kelas dan sekolah sehingga harapan tujuan kegiatan belajar itu tercapai dapat digapai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMK N 1 Sedayu, TKJ
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47509

Actions (login required)

View Item View Item