PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS PERSIAPAN DI SLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK

Elly, Novita Sari (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS PERSIAPAN DI SLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Elly Novita Sari_11103244041.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui metode bermain menggunakan bola pada anak tunarungu kelas persiapan di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian yaitu anak tunarungu kelas persiapan di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik yang terdiri dari satu anak. Desain yang digunakan adalah model penelitian Kurt Lewin. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar mengurutkan dan menjodohkan bilangan, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain menggunakan bola dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan untuk anak tunarungu kelas persiapan di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai tes hasil belajar mengenal bilangan. Peningkatan yang terjadi dari tes sebelum tindakan dan siklus I yaitu sebesar 40%, dan tes setelah tindakan siklus II yaitu 60%. Berdasarkan hasil observasi, anak dapat melakukan kegiatan awal berupa mengelompokkan bola berdasarkan warna dan pengulangan materi membuat urutan bilangan. Anak dapat melakukan kegiatan mengurutkan bilangan dan menjodohkan banyak bola dengan lambang bilangan sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru. Pada siklus II kemampuan anak dalam mengenal bilangan sudah meningkat yang ditunjukkan dengan kemampuan anak dalam membuat urutan bilangan lebih baik, yaitu dapat membuat urutan bilangan tanpa bantuan dari guru. Penggunaan metode bermain dengan bola dalam pembelajaran mengenal bilangan dilakukan secara individual karena hanya ada satu anak pada kelas tersebut. Kegiatan pembelajaran terbagi menjadi dua, yaitu membuat urutan bilangan menggunakan bola dengan cara menyusun banyak bola berdasarkan urutan bilangan dan memasangkan banyak bola dengan lambang bilangan yang sesuai dengan cara memasukkan bola ke dalam kantong strimin sesuai dengan lambang bilangan yang tertera pada papan kayu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:40
Last Modified: 30 Jan 2019 13:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47507

Actions (login required)

View Item View Item