LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Alamat: Kemusuk, Sedayu, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta 55753

MEI DIANA PRATIWI, MEI DIANA PRATIWI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Alamat: Kemusuk, Sedayu, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta 55753. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (984kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. Tujuan diadakannya serangkaian kegiatan PPL di sekolah merupakan salah satu usaha pembaharuan dan peningkatan di bidang keguruan yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk mendukung kompetensi calon guru yang profesional. Melalui kegiatan ini keempat kompetensi guru yangmeliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian dapat semakin ditingkatkan. Praktek Pengalaman Lapangan dapat dijadikan sarana bagi mahasiswa untuk mencurahkan dan mempraktekan teori, pemikiran, dan pengalaman yang selama ini mahasiswa dapatkan dari perkuliahan. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016 bertempat di SMK N 1 Sedayu yang beralamat di Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, DIY. Kegiatan PPL ini melaksanakan program kegiatan dengan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Mata pelajaran yang diampu adalah Instalasi Tenaga Listrik di kelas XI TIPTL A dan XI TIPTL B. Alokasi waktu tatap muka 6 jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran. KBM berjalan dengan lancar, walaupun sesekali terdapat kendala dalam mengatasi siswa yang cenderung ramai dan kurang aktif dalam kegiatan kelas. Hasil Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah pengalaman bagi praktikan untuk mengajar, yakni berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Teknik Elektro yang diperoleh di perkuliahan. Kegiatan ini juga memberikan bekal kepada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang berdedikasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK NEGERI 1 SEDAYU
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Feb 2017 06:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47490

Actions (login required)

View Item View Item