FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM PEMILIHAN MATA PELAJARAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI TATA BUSANA KELAS X DI MAN GODEAN YOGYAKARTA

Putri, Istiqomah (2017) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM PEMILIHAN MATA PELAJARAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI TATA BUSANA KELAS X DI MAN GODEAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi_putri istiqomah_12513241047.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Seberapa besar minat siswa dalam memilih mata pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana kelas X MAN Godean Yogyakarta; (2) Seberapa besar faktor internal yang dominan mempengaruhi minat siswa dalam memilih mata pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana kelas X MAN Godean Yogyakarta; (3) Seberapa besar faktor eksternal yang dominan mempengaruhi minat siswa dalam memilih mata pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana kelas X MAN Godean Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X yang mengambil mata pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana di MAN Godean Yogyakarta sebanyak 49 siswa dan diambil semua sebagai sampel. Teknik pengumpuilan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuisioner) dan dokumentasi. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi (expert judgement) dan validitas konstruk (rumus korelasi Product Moment). Pembuktian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yang selanjutnya dipersentase dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil analisis data minat siswa memilih mata pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana pada kelas X di MAN Godean Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang yang dapat ditunjukkan sebanyak 25 siswa (51%) dari 49 siswa dengan mean ideal 95 dan skor rerata 101,3; (2) Faktor internal yang dominan mempengaruhi minat siswa dalam memilih mata pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana pada kelas X di MAN Godean Yogyakarta adalah faktor kebutuhan yang dapat ditunjukkan sebanyak 33 siswa (67%) dari 49 siswa dengan mean ideal 10 dan skor rerata 12,12; (3) Faktor eksternal yang dominan mempengaruhi minat siswa dalam memilih mata pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana pada kelas X di MAN Godean Yogyakarta adalah faktor lingkungan sekolah yang dapat ditunjukkan sebanyak 20 siswa (41%) dari 49 siswa dengan mean ideal 10 dan skor rerata 12,04. Kata kunci : Minat siswa, Faktor Internal dan Faktor Eksternal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 13:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47489

Actions (login required)

View Item View Item