PENGARUH PENERAPAN PRE-LECTURE QUIZ (PLQ) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA N 1 KALASAN KELAS XI TAHUN AJARAN 2015/2016

IDAYU, GIYAS (2017) PENGARUH PENERAPAN PRE-LECTURE QUIZ (PLQ) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA N 1 KALASAN KELAS XI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I skripsi%20PLQ_Giyas_Idayu_12314244019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1 ) perbedaan motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan PLQ, dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa penerapan PLQ dan (2) perbedaan prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan PLQ, dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa penerapan PLQ dengan taraf signifikansi 5% di kelas XI SMA N 1 Kalasan tahun ajaran 2015/2016 jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment yakni Non-Equivalent Group Design dengan satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 SMA N 1 Kalasan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 136 siswa yang terbagi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen yang melaksanakan pembelajaran dengan penerapan PLQ (A1) dan kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran tanpa penerapan PLQ (A2). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengambilan data. Instrumen perlakuan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan soal PLQ untuk materi asam basa, sedangkan instrumen pengambilan data meliputi soal prestasi belajar kimia dan angket motivasi belajar kimia yang diisi oleh peserta didik. Uji teknik analisis data untuk uji persyaratan hipotesis digunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek dan uji Mankova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar kimia siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikan dengan harga signifikansi p=0,026 (p<0,05) dan (2) terdapat perbedaan prestasi belajar kimia antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai Fhitung (6,274) > Ftabel (4,034), dan harga signifikansi p=0,016 (p<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan PLQ dapat dikatakan berpengaruh dalam upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 27 Feb 2017 04:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47485

Actions (login required)

View Item View Item