PENGEMBANGAN COMMUNITY BASED TOURISM SEBAGAI STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sugi Rahayu, M.Pd. and Utami, Dewi, M.PP (2016) PENGEMBANGAN COMMUNITY BASED TOURISM SEBAGAI STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan model pengembangan pariwisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism); 2) mengetahui hambatan dalam implementasi model pengembangan CBT; dan 3) mendiseminasikan model pengembangan pariwisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism) sebagai strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat kepada pemangku kepentingan sektor pariwisata di Kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan desain Research and Development (R and D) dari Borg dan Gall (1998). Informan dalam penelitian adalah Kepala dan pejabat Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset; Bappeda Bidang Ekonomi; Dinas perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Kulon Progo, Pokdarwis, pengelola desa wisata di Kabupaten Kulon Progo dan para pakar dalam bidang kepariwisataan seperti Pusat Pariwisata UGM dan Yayasan Stupa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan Focus Group Discussion (FGD).Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peneliti telah menghasilkan model CBT dengan menggunakan strategi to see, to do, to share, to empower dan to sustain. Hambatan yang dihadapi oleh pengelola dalam implementasi CBT yaitu: (1) sumber dana yang tidak mencukupi, (2) kurangnya jumlah sumber daya manusia di bidang pengembangan pariwisata, (3) kesiapan masyarakat dalam menyikapi pentingnya pengembangan pariwisata; (4) dukungan dari pihak swasta atau pengusaha wisata juga masih minim, kurangnya investor yang mau untuk turut mengembangkan potensi CBT. Diseminasi Model Pengembangan CBT dilakukan melalui: (1)Pendampingan penerapan Model CBT ke semua desa wisata yang ada di Kabupaten Kulon Progo, (2)Pemaparan hasil implementasi model pengembangan CBT sebagai strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan mengundang stakeholders: implementor model, pemerintah dan DPRD Kabupaten Kulon Progo, (3) artikel pada seminar internasional ICONPO V dan IAPA, serta artikel pada jurnal Natapraja.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Uncontrolled Keywords: CBT, Pemberdayaan masyarakat, strategi
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 27 Feb 2017 03:36
Last Modified: 27 Feb 2017 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47480

Actions (login required)

View Item View Item