Septiana Rahayu, Septiana Rahayu (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Lokasi: SMA NEGERI 1 SEWON Jalan Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55187. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13804241015_SEPTIANA RAHAYU.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan ketrampilan mahasiswa sebagai calon pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapkan dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa praktikan dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan, serta dapat memperluas wawasan. Adapaun tujuan dari Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional di bidangnya. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Sewon praktikan mendapat bagian dua kelas yaitu kelas X IIS 1 dan X IIS 4 dengan total jam perminggu adalah 9 jam pelajaran dengan alokasi 3 jam pelajaran (135 menit) untuk setiap kali tatap muka. Praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian yaitu ekonomi. Persiapan yang dilakukan sebelum Praktik Pengalama Lapangan (PPL) yakni pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Kegiatan PPL dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 yang terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yakni penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PPL. Pelaksaan mengajar di kelas dimulai tanggal 21 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016, sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing ekonomi di SMA Negeri 1 Sewon. Melalui kegiatan PPL ini banyak manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik serta dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal. Selain itu, diharapkan agar mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman faktual yang diperoleh dari kegiatan ini baik dalam hal pengembangan metode pembelajaran dan variasi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum.
| Item Type: | Monograph (Project Report) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PPL, Institusi Pendidikan, Materi |
| Subjects: | LPPMP |
| Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
| Depositing User: | LPPMP |
| Date Deposited: | 27 Feb 2017 02:43 |
| Last Modified: | 01 Oct 2019 11:40 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
