LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMAN 1 SEWON BANTUL Jln. Parangtritis Km 5, Bangunharjo, Bantul, Yogyakarta Periode 15 Juli- 15 September 2016 Disusun Oleh: Dewan Riyang Sambodo 13406241072 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2016

Dewan Riyang Sambodo, Dewan Riyang Sambodo (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMAN 1 SEWON BANTUL Jln. Parangtritis Km 5, Bangunharjo, Bantul, Yogyakarta Periode 15 Juli- 15 September 2016 Disusun Oleh: Dewan Riyang Sambodo 13406241072 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13406241072_DEWAN RIYANG SAMBODO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa yang berlokasi di SMA N 1 Sewon Bantul. Waktu pelaksanaan kurang lebih berjalan selama 60 hari atau 2 bulan. Pelaksanaan terhitung sejak tanggal 15 Juli hingga 15 September. Tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) supaya mahasiswa memilki pengalaman dalam proses kegiatan Pembelajaran. Pengalaman mengajar diharapkan mahasiswa menjadi seorang tenaga pendidik profesional yang cakap, terampilan serta pengetahuan luas. Pelaksanaan PPL memilki beberapa kegiatan, kegiatan tersebut meliputi kegiatan yang bersifat kurikuler dan non-kurikuler. Terhitung sejak tanggal 15 Juli –15 September kegiatan praktik mengajar baru bisa dilaksanakan di minggu efektif tanggal 18 Juli. Kegitan Praktik mengajar dilakukan lebih kurang sebanyak 24 kali pertemuan di kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 3. Praktik Pengalan Lapangan dijalankan lebih kurang selama 9 minggu. Dalam implementasinya mahaiswa melakukan banyak kegiatan. Kegiatan tersebut bersifat kurikuler dan non-kurikuler. Kegiatan yang bersifat kurikuler atau berkaitan dengan pembelajaran sekolah mahasiswa melakukan kegiatan berupa praktik mengajar, membuat soal evaluasi, membuat RPP, membuat media pembelajaran, dan administrasi sekolah berupa penilaian. Selain itu yang bersifat Kurikuler seperti melaksanakan tugas Piket harian dan pagi, mendukung program adiwiyata sekolah, membantu penerimaan siswa baru, membantu guru dalam melaksanakan HUT sekolah, dan lain sebagaianya. Kegiatan selama PPL berlangsung setidaknya telah memenuhi jam sebanyak 293 jam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah berjalan dengan baik selama 9 minggu. Target dalam perencanaan sebanyak 8 kali mengajar telah terpenehui bahkan juga kegiatan non mengajar dapat berjalan dengan baik. Saran untu PPL tahun yang akan datang adalah diperbaikinya sistem pelaksanaan dari pelaksanaan PPL dengan tidak menggabungkan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hal ini diharapkan agar dari mahasiswa, sekolah, dan Universitas mendapatkan manfaat yang maksimal sesuai keperluan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Sewon Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Feb 2017 01:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47462

Actions (login required)

View Item View Item