LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMAN 1 SEWON BANTUL Jln. Parangtritis Km 5, Bangunharjo, Bantul, Yogyakarta Periode 15 Juli- 15 September 2016

Nila Wulansari, Nila Wulansari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMAN 1 SEWON BANTUL Jln. Parangtritis Km 5, Bangunharjo, Bantul, Yogyakarta Periode 15 Juli- 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13406241055_NILA WULANSARI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMAN 1 Sewon yang beralamat di jalan parangtritis Km 5, Bangunharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli - 12 September 2016. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menuju tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi dan ulangan harian, dan pembuatan RPP, bahan ajar dan media pembelajaran. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September 2016, dilakukan kurang lebih sebanyak 24 kali pertemuan di kelas X MIA 4, X MIA 5, dan X MIA 6. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksankan di SMA Negeri 1 Sewon selama 9 Minggu sejak 15 Juli – 15 September 2016. Kegiatan selama menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi observasi pembelajaran yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung, melakukan jaga piket di Ruang Piket/Perpustakaan/TU, kegiatan Adiwiyata, Geraklan Literasi Siswa dan pembuatan administrasi seorang guru yang meliputi analisis hari efektif, pembuatan RPP, Soal, Analisis hasil belajar, daftar hadir siswa, daftar penilaian, kisi-kisi dan pedoman penskoran. Adapun kegiatan mengajar berupa mengajar secara langsung di kelas. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 18 Juli – 15 September 2016 dengan jumlah jam mengajar sebanyak 48 jam. Praktik Pengalam Lapangan (PPL) dapat dilaksankan dengan baik dan memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan. Saran dalam pelaksanaan PPL ke depan adalah terjalinnya komunikasi yang baik antara pihak kampus sebagai penyelenggara PPL dan pihak Sekolah sehingga keduanya mendapatkan manfaat yang sama.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Sewon
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Feb 2017 01:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47461

Actions (login required)

View Item View Item