Karakteristik Butir Soal Matematika Uji Coba UASBN di Kota Mataram NTB

Evendi, Erpin (2009) Karakteristik Butir Soal Matematika Uji Coba UASBN di Kota Mataram NTB. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erpin-ervendi-07701251002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik butir soal Matematika uji coba tahap I UASBN SD/MI di Kota Mataram, (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan jumlah butir yang gugur berdasarkan teori tes klasik menurut tingkat kesukaran pada soal mata pelajaran Matematika uji coba tahap I UASBN, ditinjau dari lokasi (asal Kecamatan) responden, (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan jumlah butir yang gugur berdasarkan teori tes klasik menurut tingkat kesukaran pada soal mata pelajaran Matematika uji coba tahap I UASBN, ditinjau dari katagori sekolah asal (tinggi, sedang, dan rendah). Populasi penelitian adalah soal mata pelajaran Matematika uji coba tahap I, tahap II, dan tahap III untuk UASBN di Kota Mataram tahun pelajaran 2008/2009. Sampel penelitian ini adalah soal mata pelajaran Matematika uji coba tahap I, dengan 905 siswa sebagai sumber imformasi (responden). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data meliputi analisis butir soal secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori tes klasik (classical true score theory), dan untuk analisis datanya menggunakan Chi-Kuadrat (2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada aspek materi dan aspek konstruksi, soal tersebut memiliki katagori tidak baik dan pada aspek bahasa memiliki katagori kurang baik, untuk aspek materi semua kriteria telaah tidak terpenuhi, aspek konstruksi 6 dari 10 kriteria telaah tidak terpenuhi serta untuk aspek bahasa 1 dari 4 kriteria telaah tidak terpenuhi, (2) tidak ada perbedaan jumlah butir soal yang gugur ditinjau dari lokasi (Kecamatan asal) responden, yakni 2 (5%) butir soal yang gugur untuk Kecamatan Cakranegara, 9 (22,5%) butir soal yang gugur untuk Kecamatan Mataram, dan 6 (15%) butir soal yang gugur untuk Kecamatan Ampenan, perbedaan tersebut juga tidak terbukti signifikan secara berpasangan antara Kecamatan, (3) ada perbedaan jumlah butir soal yang gugur menurut tingkat kesukaran, ditinjau dari katagori/level sekolah asal (tinggi, sedang, dan rendah), yakni 9 (22,5%) butir soal yang gugur untuk level sekolah tinggi, 6 (15%) butir soal yang gugur untuk level sekolah sedang, dan 15 (37,5%) butir soal yang gugur untuk level sekolah rendah, perbedaan jumlah butir yang gugur ditinjau dari level sekolah tersebut, hanya terbukti signifikan untuk level sekolah sedang dengan level sekolah rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakteristik butir soal, uji coba UASBN, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 25 Feb 2017 10:49
Last Modified: 25 Feb 2017 10:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47447

Actions (login required)

View Item View Item