PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 YOGYAKARTA

Leni Indriani, Leni (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Leni_Indriani_12104241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan emosi, dan penyesuaian diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas XI SMA N 5 Yogyakarta, serta aspek-aspek kecerdasan emosi yang berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas XI SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah expostfacto dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 256 siswa kelas XI. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 170 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala penyesuaian diri dengan empat pilihan jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan koefisien alpha cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung sebesar 189,314 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosi terhadap penyesuaian diri pada siswa kelas XI SMA N 5 Yogyakarta. Hal ini berarti semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula penyesuaian diri siswa. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi siswa, maka semakin rendah pula penyesuaian diri siswa. Sumbangan efektif variabel kecerdasan emosi terhadap penyesuaian diri sebesar 53%, sedangkan 47% berasal dari faktor lain. Aspek-aspek kecerdasan emosi yang berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri yaitu aspek membina hubungan (15,8%), memotivasi diri (14,2%), dan empati (3,2%). Kata kunci:kecerdasan emosi, penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 24 Feb 2017 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 13:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47440

Actions (login required)

View Item View Item