Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning dan Pendekatan Saintifik ditinjau dari Higher Order Thinking Skills dan Karakter Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Semester Genap.

Hidayati, Arini Ulfah (2017) Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning dan Pendekatan Saintifik ditinjau dari Higher Order Thinking Skills dan Karakter Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Semester Genap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arini-ulfah-hidayati-14709251070.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pendekatan problem based learning dan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar, higher order thinking skills dan karakter siswa, dan 2) perbedaan keefektifan pendekatan problem based learning dan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar, higher order thinking skills dan karakter siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Bantul, semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil secara acak sehingga diperoleh kelas VIII C dan VIII D. Pada kelas VIII C diberikan perlakuan berupa pendekatan problem based learning dan kelas VIII D diberikan perlakuan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal, tes higher order thinking skills terdiri dari 6 pilihan ganda dan 2 essay, dan angket karakter siswa sebanyak 34 butir pernyataan, dimana ketiga instrumen diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Pengujian keefektifan pendekatan problem based learning dan pendekatan saintifik dilakukan dengan uji one sample t-test. Pengujian perbedaan keefektifan antara pendekatan problem based learning dan pendekatan saintifik dilakukan dengan uji MANOVA (Hotteling’s trace). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan problem based learning dan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar, higher order thinking skills dan karakter siswa, dan 2) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pendekatan problem based learning dan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar, higher order thinking skills, dan karakter siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan problem based learning, pendekatan saintifik, prestasi belajar, higher order thinking skills dan karakter siswa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2017 03:13
Last Modified: 09 May 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47434

Actions (login required)

View Item View Item