Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android tentang Domain Teknologi Pendidikan untuk Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Pratama, Ujang Nendra (2017) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android tentang Domain Teknologi Pendidikan untuk Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ujang-nendra-pratama-14707251003.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk game Android tentang materi Domain TP yang layak sebagai alternatif media belajar bagi mahasiswa prodi TP di FIP UNY. Nilai kelayakan diketahui melalui penilaian ahli materi, ahli media, calon pengguna, dan daya guna terhadap pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi dan menyeleksi tahapan dan langkah kerja dari model pengembangan multimedia pembelajaran Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan produk dilaksanakan melalui lima tahap utama yaitu studi pendahuluan, perencanaan, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan pada wawancara studi pendahuluan, identifikasi gaya belajar pengguna, validasi ahli (uji formatif alfa), validasi calon pengguna (uji formatif beta), serta pengujian eksperimen (uji daya guna produk). Sebelum menemui produk final dilaksanakan revisi dua kali. Jumlah responden terdiri dari satu dosen pengampu (wawancara studi pendahuluan), 60 mahasiswa (identifikasi gaya belajar), dua ahli media dan materi (validasi ahli), tujuh mahasiwa (validasi calon pengguna), serta 30 mahasiswa (pengujian eksperimen). Para responden merupakan mahasiswa prodi TP FIP UNY angkatan 2015 (tahun pertama). Produk game Android dikembangkan dengan aplikasi pembangun Unity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game Android Domain TP yang dikembangkan telah mampu memenuhi kriteria kelayakan dari penilaian ahli media, ahli materi, calon pengguna, dan daya guna. Hasil penilaian ahli materi masuk dalam kategori sangat layak, sedangkan ahli media dan calon pengguna masuk dalam kategori layak. Produk juga terbukti memiliki manfaat daya guna berdasarkan perbedaan rerata nilai prates dan postes kedua kelompok uji, sehingga perbandingan nilai gain hasil belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Domain TP, Android, Unity.
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Feb 2017 02:45
Last Modified: 09 May 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47431

Actions (login required)

View Item View Item