Pengembangan e-learning Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA.

Widodo, Imam (2017) Pengembangan e-learning Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imam-widodo-14707251002.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-learning pada mata pelajaran Geografi bagi peserta didik kelas X SMA, (2) mengetahui kelayakan produk e-learning menurut ahli materi dan ahli media, (3) mengetahui respon peserta didik sebagai pengguna e-learning, (4) mengetahui keefektifan e-learning mata pelajaran Geografi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA, dan (5) mengetahui keefektifan e-learning mata pelajaran Geografi terhadap hasil belajar afektif khususnya kemandirian belajar peserta didik kelas X. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi (tes alfa) kemudian dilakukan revisi produk awal. Tahap berikutnya dilakukan tes beta yang dilakukan terhadap 32 peserta didik kelas X1 sebagai calon pengguna sekaligus sebagai kelas eksperimen, dan sebagai kelas kontrol X2 sebanyak 21 peserta didik. Pengumpuluan data dilakukan menggunakan lembar validasi, angket kemandirian belajar, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data hasil belajar pada aspek kognitif dan aspek afektif khususnya kemandirian belajar menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Produk e-learning mata pelajaran Geografi berhasil dikembangkan dengan sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi Moodle. E-learning dikembangkan untuk pokok bahasan mitigasi dan adaptasi bencana alam. (2) Kelayakan produk e-learning berdasarkan hasil uji alpha oleh ahli materi 1 dan 2 diperoleh skor rata-rata 4,19 (sangat baik) dan 4,33 (sangat baik). Validasi oleh ahli media 1 dan 2 diperoleh skor rata-rata 4,19 (sangat baik) dan 4,03 (sangat baik). (3) Penilaian pengguna e-learning (peserta didik) diperoleh skor rata-rata 4,5 (sangat baik). (4) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran dengan nilai p = 0,001. Rerata N-gain pada kelas kontrol adalah 0,57 sedangkan pada kelas eksperimen adalah 0,68 dan dapat dikatakan bahwa N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. (5) Terdapat perbedaan kemandirian belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran dengan nilai p = 0,000. Rerata N-gain kemandirian belajar pada kelas kontrol adalah 0,44 atau dalam kriteria sedang sedangkan pada kelas eksperimen adalah 0,21 atau dalam kriteria rendah dan dapat dikatakan bahwa N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, geografi, hasil belajar, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2017 08:45
Last Modified: 09 May 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47421

Actions (login required)

View Item View Item