Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Metode Montessori bagi Siswa Taman Kanak-kanak.

Kismiati, Kismiati (2017) Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Metode Montessori bagi Siswa Taman Kanak-kanak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kismiati-14711251050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis metode montessori bagi siswa taman kanak-kanak, dan (2) menguji keefektifan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis metode montessori bagi siswa taman kanak-kanak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahap, yaitu: tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap pendahuluan terdiri dari: kajian literatur, kajian penelitian relevan, observasi, dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri dari: penyusunan draf awal, validasi ahli,uji coba instrumen, ujicoba skala kecil, ujicoba skala besar, produk akhir, dan uji keefektifan. Validasi ahli melibatkan empat orang ahli dengan menggunakan teknik Delphi. Subjek uji coba skala kecil adalah siswa kelas B di taman kanak-kanak. Uji coba skala kecil dengan 17 siswa dan 3 guru di TK Bambini Montessori School. Subjek uji coba skala besar adalah empat guru dan 46 siswa kelas B di TK Bambini Montessori School, tiga guru dan 64 siswa kelas B di TK ABA Al-Hikmah Mriyan. Desain uji lapangan menggunakan times series design. instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner, lembar observasi, dan tes. Analisis data untuk menentukan validitas menggunakan Content Validity Ratio (CVR). Analisis data untuk uji keefektifan menggunakan Uji Sample Paired t Test. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis metode Montessori bagi siswa taman kanak-kanak yang dibuat menjadi CD pembelajaran dan dilengkapi dengan buku panduan pembelajaran. Berdasarkan hasil dari penilaian ahli, model pembelajaran yang dikembangkan adalah valid. Berdasarkan pada indikator serta hasil dari penilaian ahli mempunyai nilai validitas isi sebesar 0,987. Pelaksanaan pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis metode Montessori bagi siswa taman kanak-kanak ini masuk dalam kategori sangat baik pada uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar. Berdasarkan hasil analisis pada uji efektivitas dengan eksperimen pada pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis metode montessori bagi siswa taman kanak-kanak Sig2 tiled < 0.5, dapat disimpulkan materi ajar tersebut efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran pendidikan jasmani, metode montessori, taman kanak-kanak
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2017 08:26
Last Modified: 11 Jan 2022 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47420

Actions (login required)

View Item View Item