UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 BLUNYAHAN SEWON BANTUL

Mehakati, Frederikus Umbu (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 BLUNYAHAN SEWON BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Frederikus Umbu Mehakati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan peta konsep (Mind Mapping) pada kelas V SDN 2 Blunyahan Sewon, Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan subjek penelitian yaitu siswa-siswi kelas V SDN 2 Blunyahan Sewon, Bantul yang berjumlah 33 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS siswa menggunakan peta konsep (Mind Mapping). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep (Mind Mapping) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Blunyahan Sewon, Bantul. Hal itu dapat dilihat pada KKM pra siklus ada 15 (45%) siswa, pada siklus I ada 17 (51%) siswa dan pada siklus II ada 26 (79%) siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar ,Peta Konsep, Mind Mapping, IP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Feb 2017 07:37
Last Modified: 30 Jan 2019 13:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47417

Actions (login required)

View Item View Item