PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN 1 BLUNYAHAN BANTUL YOGYAKARTA

Simun, Emerensiana (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN 1 BLUNYAHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Emerensiana Simun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas V SDN 1 Blunyahan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Blunyahan Bantul Yogyakarta dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri1 Blunyahan Bantul Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis and Taggart dengan model spiral. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri 1 Blunyahan. Peningkatan proses terlihat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, mereka terlihat senang pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi dan terlihat lebih aktif. Peningkatan nilai rerata keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 3,21, yang kondisi awal 65,58 meningkat menjadi 68,79, dan pada siklus II meningkat sebesar 18,62 yang kondisi awal 65,58 meningkat menjadi 84,20. Kata kunci : keterampilan berbicara, metode diskusi SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Feb 2017 07:04
Last Modified: 30 Jan 2019 13:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47411

Actions (login required)

View Item View Item