PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS IV SD NEGERI SIYONO III PLAYEN GUNUNGKIDUL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CATATAN HARIAN

Kurnia, Devi (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS IV SD NEGERI SIYONO III PLAYEN GUNUNGKIDUL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CATATAN HARIAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Devi Kurnia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya nilai menulis narasi ekspositoris dan minat menulis siswa kelas IV SD Negeri Siyono III yang perlu mendapat perhatian serta upaya penyelesaian. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis narasi ekspositoris siswa, 2)meningkatkan hasil keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Siyono III yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes unjuk kerja, dengan instrumen berupa lembar observasi dan lembar penilaian tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan teknik catatan harian dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dengan teknik catatan harian ditunjukan dengan siswa lebih aktif dan antusias, serta proses menulis semakin baik. Peningkatan hasil keterampilan menulis narasi ekspositoris ditunjukan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa, pada pratindakan nilai ratarata sebesar 63,52, siklus I sebesar 71,55, dan siklus II sebesar 81,30. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada pratindakan sebesar 0%, siklus I sebesar 33, 3%, siklus II sebesar 95, 24%. Kata kunci: Teknik Catatan Harian, Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Feb 2017 06:50
Last Modified: 30 Jan 2019 13:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47410

Actions (login required)

View Item View Item