PENGARUH KEMAMPUAN EMPATI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS IV KASIHAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Widiatmoko, Anggoro (2017) PENGARUH KEMAMPUAN EMPATI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS IV KASIHAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anggoro Widiatmoko.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan empati terhadap perilaku prososial siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus IV Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD negeri se-gugus IV Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 228 siswa. Jumlah sampel yang diambil berdasarkan rumus Slovin sebanyak 146 siswa. Pengambilan sampel secara propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala kemampuan empati dan skala perilaku prososial. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement, sedangkan reliabilitasnya menggunakan cronbach alpha. Hasil analisis item instrumen skala kemampuan empati dari 24 item gugur 3, sedangkan skala perilaku prososial dari 28 item gugur 2. Reliabilitas alpha untuk skala kemampuan empati sebesar 0,802 sedangkan skala perilaku prososial sebesar 0,934. Uji analisis prasyarat yang dilakukan adalah normalitas, dan linieritas. Uji normalitas menggunakan rumus skewness, variabel kemampuan empati memperoleh nilai 0,284 sedangkan variabel perilaku prososial memperoleh nilai -0,469 sehingga sebaran kedua data tersebut dinyatakan normal. Uji linieritas memperoleh nilai Fhitung 0,758, karena Fhitung < Ftabel maka hubungan variabel X dan Y dinyatakan linier. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan empati terhadap perilaku sosial siswa kelas V SD Negeri se-gugus IV Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan nilai Fhitung sebesar 35,014 (p<0,05). R square sebesar 0,196 yang berarti bahwa sumbangan kemampuan empati terhadap perilaku prososial sebesar 19,6% dan sisanya 80,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: kemampuan empati, perilaku prososial, siswa kelas V SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Feb 2017 06:00
Last Modified: 30 Jan 2019 13:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47406

Actions (login required)

View Item View Item