KONSELING ANAK BERMASALAH MELALUI MEDIA GAMBAR

Isti Yuni Purwanti, M.Pd. (2007) KONSELING ANAK BERMASALAH MELALUI MEDIA GAMBAR. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Isti_Yuni_Purwanti.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beranjak dari adanya berbagai masalah pada anak usia dini yang perlu diintervensi sejak awal. Konseling se¬bagai salah satu cara pemberian bantuan untuk memecahkan masalah anak dirasakan perlu dilakukan agar masalah tidak ber¬kelanjutan. Dengan menggunakan media gambar yang berasal dari karya anak dari hasil program kegiatan belajar, yaitu aktivitas meng¬gambar diasumsikan dapat membantu kelancaran proses kon¬seling yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis tindakan kelas (action research) yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh efektivitas konseling pada anak bermasalah melalui media gambar. Efektivitas dilihat dari berkurangnya perilaku tidak adaptif pada anak. Adapun subjek penelitian adalah 3 orang anak berusia 3-4 tahun yang mengalami kesulitan penyesuaian diri yang sedang mengikuti program kegiatan di Kelompok Bermain, Melati, Sleman. Pengambilan subjek dilakukan dengan purposive sampling berdasarkan hasil observasi guru. Metode pengumpulan data me¬lalui observasi terhadap anak dan wawancara dengan guru maupun guru. Teknik keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data dari peneliti, guru dan orangtua. Data yang terkumpul di analisis dengan deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian setelah melalui dua kali siklus menunjuk¬kan bahwa tindakan yang dilakukan berupa konseling anak ber¬masalah melalui media gambar dapat mengurangi beberapa peri¬laku yang menunjukkan perilaku non adaptif. Saran dari penelitian ini hendaknya siklus terus dilakukan secara kontinyu selama ada¬nya perilaku yang menunjukkan perilaku non adaptif dan media gambar yang digunakan tidak selalu merupakan karya menggambar bebas anak, namun juga bisa melalui gambar yang diwarnai melalui kegiatan mewarnai. Kata kunci: konseling melalui media gambar, anak usia dini, masalah penyesuaian diri FIP, 2007 (PPB)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 03:39
Last Modified: 11 May 2015 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item