Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Terintegrasi Team Assisted Individualization pada Materi Tata Nama Senyawa untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA/MA.

Lukman, Isna Rezkia (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Terintegrasi Team Assisted Individualization pada Materi Tata Nama Senyawa untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-isna-rezkia-lukman-14728251018.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) karakteristik media pembelajaran berbasis Android terintegrasi Team Assisted Individualization (TAI) pada materi tata nama senyawa untuk peserta didik kelas X SMA/MA; (2) kualitas media pembelajaran berbasis Android tersebut (3) perbedaan peningkatan kreativitas dan hasil belajar kognitif peserta didik SMA yang menggunakan media pembelajaran berbasis Android terintegrasi TAI dengan pembelajaran menggunakan LKS menggunakan model pembelajaran TAI. Penelitian ini merupakan research and development (R&D), yang mengadaptasi model Borg & Gall dan 4D yang dimodifikasi menjadi lima bagian yaitu analisis pendahuluan, perencanaan, mengembangkan produk game, Melakukan penilaian produk, dan evaluasi produk. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi kimia, lima peer reviewer dan lima pendidik kimia. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas X SMA/MA dengan rincian lima peserta didik SMAN 4 Yogyakarta untuk uji pengembangan awal dan 15 peserta didik MA Al-Iman untuk uji pengembangan. Uji lapangan menggunaan masing-masing 32 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen pada kelas X SMAN N 1 Sayegan untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kreativitas, dan soal tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Software media pembelajaran berbasis android yang dapat dioprasikan dengan menggunakan perangkat android, mendukung pembelajaran kimia SMA pada materi tata nama senyawa, serta menyajikan materi pembelajaran yang relevan dengan, visulaisasi media pembelajaran menarik dan fleksible; (2) Produk media game instruksional kimia berbasis android yang telah dikembangkan memiliki kualitas sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, pendidik kimia dan peserta didik SMA, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran; (3) Terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kreativitas dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis Android terintegrasi TAI dengan pembelajaran menggunakan LKS menggunakan model pembelajaran TAI di kelas X SMAN 1 Sayegan, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran,Kreativitas, Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa, Team Assisted Individualization
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2017 02:40
Last Modified: 09 May 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47399

Actions (login required)

View Item View Item