LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 SEWON SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Fauzia Latifa Putriani, Fauzia Latifa Putriani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 SEWON SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13304241054_FAUZIA LATIFA PUTRIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah merupakan kegiatan praktek yang harus ditempuh oleh mahasiswa kependidikan demi mendapatkan gelar S1 kependidikan. Hal ini tentunya menjadikan PPL sebagai kegiatan yang wajib ditempuh. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan keterampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan meliputi pengajaran dan administrasi sekolah, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang profesional. PPL ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 dan telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sewon, Jl. Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta selama 2 bulan terhitung sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, meningkatkan keterampilan, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Program utama penulis adalah kegiatan pembelajaran materi biologi di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru dan kegiatan-kegiatan sekolah lain seperti piket. Secara keseluruhan, semua program terlaksana sesuai dengan perencanaan meski tidak lepas dari hambatan-hambatan, baik internal maupun eksternal. Program PPL dapat memberikan manfaat timbal balik antara sekolah dan mahasiswa, yakni bagi mahasiswa adalah kesempatan mengembangkan kompetensi sebagai calon guru, sedangkan untuk sekolah adalah kesempatan untuk dapat ikut andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman Lapangan, SMA Negeri 1 Sewon, dan Universitas Negeri Yogyakarta.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Feb 2017 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47396

Actions (login required)

View Item View Item