LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL Jl. Imogiri Barat Km. 7, Sewon, Bantul, Yogyakarta

Tito Pranadjati Abidyoga, Tito Pranadjati Abidyoga (2016) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL Jl. Imogiri Barat Km. 7, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tito Pranadjati A.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam belajar di tengah-tengah masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di Satuan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul. Observasi dilakukan dengan metode wawancara, dan melihat langsung kondisi lapangan terkait dengan aktivitas kegiatan di SKB Bantul. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran program keaksaraan yang baru akan dilaksanakan pada tahun ini. Dalam pelaksanaan PPL di SKB Bantul, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, serta mengembangkan program. Sementara program mengajar tidak menjadi prioritas utama. Dari hasil observasi tersebut, maka disusunlah suatu program yaitu pendampingan PAUD Prima Sanggar, Perbantuan TUK Tata Rias, Administrasi Kantor, Partisipasi Stand Bantul Expo, Setting ruangan PAUD Prima Sanggar, Sedangkan program mengajar yaitu mengajar TK Prima Sanggar, mengajar mata pelajaran Sosiologi Paket C, Menonton film edukatif untuk TPA, dan membuat tempat pensil dari botol. Dengan diadakannya praktik pengalaman mengajar maka mahasiswa dapat melatih keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SKB Bantul 2016
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Feb 2017 07:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47363

Actions (login required)

View Item View Item