PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN KERJASAMA PADA PESERTA DIDIK SMA

Ratnaningtyas, Latifah and Dwisiwi, Rahayu (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN KERJASAMA PADA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (64MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran STS materi pokok usaha dan energi yang layak guna peningkatan penguasaan materi dan pencapaian sikap kerjasama. (2) Mengetahui penguasaan materi pokok usaha dan energi pada peserta didik SMA yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran STS. (3) Mengetahui pencapaian sikap kerjasama peserta didik SMA yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran STS. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan 4D Models. Pada tahap Define, merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan Tahap Design, merancang produk perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD, dan lembar penilaian. Tahap Develop, validasi draft produk oleh validator ahli–revisi, ujicoba pembelajaran–revisi. Tahap Desiminate, penyebarluasan/implementasi perangkat pembelajaran hasil pengembangan ke tiga guru di SMA N 1 Wates dan menyeminarkan pada Seminar Nasional Quantum 2016 di Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 18 Desember 2016. Data penelitian dijaring melalui angket, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk merevisi dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Validitas instrumen menggunakan Content Validity Index (CVI), reliabilitas perangkat pembelajaran menggunakan Precentage Agreement (PA). Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Interjudge Agreement (IJA), dan peningkatan penguasaan materi menggunakan Standar Gain. Hasil penelitian ini adalah (1) Perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran STS materi pokok usaha dan energi layak digunakan untuk pembelajaran guna peningkatan penguasaan materi dan pencapaian sikap kerjasama. (2) Penguasaan materi pokok usaha dan energi peserta didik dalam kategori tinggi (3,33%), sedang (26,67%), dan rendah (70,00%) serta dari rata-rata nilai pre-test dan post-test secara kesuluruhan yang diperoleh peserta didik tidak ada peningkatan penguasaan materi peserta didik. (3) Pencapaian sikap kerjasama dilihat dari skor hasil observasi 76,67% dalam katagori sangat baik dan 23,33% katagori baik sedangkan dari skor angket kerjasama sebanyak 83,33% katagori sangat baik dan 16,67% katagori baik, sehingga dirata-rata pencapaian sikap kerjasama dengan kriteria sangat baik (80,00%) dan baik (20,00%) dari keseluruhan peserta didik. Kata-kata kunci: perangkat pembelajaran, model pembelajaran STS, usaha dan energi, sikap kerjasama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Feb 2017 01:18
Last Modified: 30 Jan 2019 13:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47362

Actions (login required)

View Item View Item